cara menginstal sql server 2005 ke windows 7


Menginstal MS SQL Server 2005 di Windows 7
Beberapa hari ini saya dipusingkan oleh instalasi MS SQL Server 2005 di Windows 7 yang selalu gagal. Setiap kali akan diinstal selalu ada peringatan kompatibilitas dan pilihan untuk menginstal SQL Database service selalu disabled. Saya hanya bisa menginstal SQL native client, management studio dan configuration manager. Memang saya bisa mengakses database SQL di server lain, tapi ini tidak sesuai yang saya inginkan. Saya inginnya database engine ada di laptop saya untuk latihan pemrograman di salah satu mata kuliah.
Setelah bolak-balik mencoba menginstal, mungkin ada 12 kali, ditambah update SQL ke service pack 3 dan 4 tetap saja tanpa hasil. Tanya Oom Gugel dan Pak Cik Mikrosof juga tidak memberikan kabar gembira. Tanya teman yang menggunakan WIndows XP, katanya tidak masalah. Yang saya temukan awalnya hanya bahwa SQL Server 2005 ada masalah kompatibilitas dengan Windows Vista dan Windows 7. Ada juga yang mengatakan sudah berhasil menginstal SQL Server 2005 di WIndows 7, tapi ketika dicoba di komputer lain tidak bisa.
Setelah satu hari satu malam, baru ketahuan masalah sebenarnya, yaitu selama ini saya mencoba menginstal SQL Server 2005 Enterprise Edition yang rupanya hanya direkomendasikan untuk digunakan di sistem operasi server. Untuk klien seperti Windows Vista dan 7 tidak bisa. Kalau mau menginstal untuk keperluan pengembangan aplikasi harusnya daya menggunakan SQL Server 2005 Developer Edition, edisi dengan kemampuan yang sama dengan Enterprise Edition tapi bisa diinstal di komputer workstation/klien.
Untungnya saya juga punya installer SQL Server 2005 Developer Edition, yang sebelumnya saya pikir hanya untuk keperluan pengembangan aplikasi tidak untuk sebenarnya. Atau mungkin selama ini saya pikir developer edition mirip dengan SQL express edition, yang sedikit berbeda dengan SQL server sebenarnya.
Alhasil, ketika diinstal SQL Server 2005 Developer Edition di Windows 7 semua berjalan sempurna. Yang perlu saya lakukan adalah menginstal SQL server 2005 service pack 3 atau 4. Hal ini mudah saja, tinggal jalankan Windows updates, service pack yang terbaru yaitu 4 langsung terinstal dengan baik.
Inilah untungnya menggunakan OS Windows ASELI (pake “E)

Tinggalkan Balasan

